Info Umum

KEURAHAN TLOGOWARU STUDI TIRU KE KELURAHAN TIPES SURAKARTA

TlogowaruNews# – Kamis tanggal 23 November 2023 pukul 13.00 WIT Dipimpin oleh Nanda Prima Setiawan.,S.ST Lurah Kelurahan Tlogowaru melakukan kunjungan ke Kelurahan Tipes Kecamatan Serengan Kota Surakarta

Rudi Lurah Kelurahan Tipes di Kantor kantornya Jl. Cokrobaskoro 3 No.13, Tipes, Serengan, Surakarta. bersama staff dengan ramah menyambut kedatangan tim kelurahan Tlogowaru

Dalam aula  bermotif budaya Surakarta Rudi selaku lurah Tipes menyampaikan bahwa, Kelurahan Tipes sudah melakukan sistem updating data kependudukan masyarakat Kelurahan yang dilakukan updating tiap bulan karena  di Kelurahan Tipes sudah memakai sistem tehmologi ISO 9001.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, sistem International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC), tujuannya adalah untuk memungkinkan semua organisasi yang berpondasi pada teknologi informasi agar mampu menerapkan praktik terbaik.

Standar yang  secara spesifik menentukan persyaratan bagi institusi penyedia layanan TI untuk merencanakan, menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, me review, memelihara dan meningkatkan sistem manajemen layanan TI.

“Dari situlah, terkait data kependudukan semua bisa berbasis TI, tetapi memang tidak semua kelurahan bisa mengetrapkan secara maksimal. Karena masih banyak yang perlu dibenahi dan dilengkapi,” kata Rudi, Lurah Tipes.

“Jadi, setiap Lembaga Kelurahan (LK) memiliki datanya sendiri-sendiri dan selalu ter-update,” tambahnya.

Siang itu sebelum pulang, Lurah Nanda bersama Staff diajak berkeliling di lingkungan Kelurahan Tipes yang berornamen khas Surakarta dengan kayu Jati bermotif ukiran yang indah. Kelurahan Tipes melengkapi seluruh fasilitas  pelayanan ala Bank Umum, mulai Hall pertemuan warga, beberapa kesekretariatan LK (lembaga kelurahan) bahkan rumah dinas kepala kelurahan atau lurah berada di lingkungan kantor kelurahan tersebut.

Banyak hal yang bisa dijadikan oleh-oleh ilmu untuk diterapkan di Malang, yaitu pengembangan potensi PKK dan LPMK yang secara panjang lebar di jelaskan oleh ketua TP PKK kelurahan Tipes dan Ketua LPMK kelurahan Tipes

Pewarta :  @gitoSuhar