Info Umum

HARI KE DUA DI JAWA TENGAH KELURAHAN TLOGOWARU STUDI TIRU KE KALURAHAN PAKEMBINANGUN SLEMAN

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang efektif dan terintegrasi, Kelurahan Tlogowaru pada hari kedua di Daerah Istimewa Jogjakarta melakukan studi tiru ke Kelurahan Kalurahan Pakembinangun Sleman Kota Yogyakarta, pada hari Jumat,  tanggal  24 Nopember 2023 . Studi tiru dipimpin oleh Bapak Nanda Prima Setiawan.,S.St dengan jumlah peserta 10 orang terdiri dari ASN, TP PKK dan LPMK serta BKM. Saat ini Kelurahan Tlogowaru sedang bersiap menuju Pelayanan Prima pada Tahun 2024

Rombongan di terima dengan ramah oleh lurah Pakembinangun, Suratno. Banyak hal terkait dengan pesatnya pembangunan di kalurahan Pakembinangun. Wilayah padat sekitar 13 km dari puncak gunung Merapi, Desa Kalurahan Pakembinangun termasuk desa mandiri karena  mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

Bisa  disimpulkan bahwa desa Kalurahan Pakembinangun adalah desa yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembangunan desa dan memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakatnya.

Indikator penilaian status desa Kalurahan Pakembinangun sudah memenuhi aspek pembangunan Desa Mandiri, yaitu :

  1. Kebutuhan dasar (pangan, sandang, dan papan);
  2. Pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar);
  3. Lingkungan; dan
  4. Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.

Tujuan pembangunan yang sudah terwujud di kelurahan Pakembinangun adalah:

  1. Meningkatnya Kesejahteraan masyarakat;
  2. Terpenuhi Kualitas hidup;
  3. Penanggulangan kemiskinan,

Banyak oleh-oleh ilmu yang bisa menjadi bekal untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di kelurahan Tlogowaru

Pewarta :  @gitoSuhar