Info Umum

TP PKK Kelurahan Tlogowaru Mengadakan Pelatihan Pembuatan Minuman Kesehatan Berbahan Rimpang Kering

Rabu, 15 November 2023, Dalam rangka Kegiatan Pemberdayaan Lembaga  kemasyarakatan-TP PKK Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang telah melaksanakan kegiatan “Pelatihan Pembuatan Rimpang Kering”. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Tlogowaru,  pada pukul 09.30 – 12.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kelurahan Tlogowaru, Mani’ul Fitnah Afrilindra serta ibu-ibu PKK dan kader posyandu yang terlibat dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, ibu ketua TP PKK mengatakan,” Daya tahan tubuh atau bisa disebut imunitas secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit.Sistem tersebut akan melindungi tubuh dari virus yang dapat menyebabkan penyakit. Sebenarnya, sistem imunitas tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi ancaman virus tersebut. Tetapi, pada saat sistem imunitas ini dalam kondisi lemah, sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Agar tubuh kita tahan terhadap penyakit, sistem imunitasnya harus terus dijaga dan ditingkatkan. Banyak berbagai cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menjaga imunitas tubuh salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan termasuk membuat jamu tradisional dengan tanaman rempah-rempah”

 Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan diversitas produk olahan minuman sehat dengan mengkombinasikan tanaman pewarna alami seperti bunga telang dan kunyit. Produk olahan minuman kering ini dinilai lebih awet untuk disimpan dan lebih praktis untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan. Selain itu, produk ini lebih mudah untuk mendapatkan izin edar apabila ingin dipasarkan karena masa simpannya yang lama hingga lebih dari 7 hari.

 Pada kegiatan pelatihan yang dilaksanakan, digunakan 4 jenis resep minuman herbal yang nantinya dapat dimodifikasi kembali oleh Ibu-ibu PKK sesuai selera masing- masing. Empat jenis resep tersebut berupa resep wedang rempah, teh telang lemon madu, teh telaga manis, dan juga teh bugar..Kegiatan ini juga mendukung program  untuk tujuan ke 3 yakni kehidupan sehat dan sejahtera

Kegiatan pelatihan di buka Ibu Ketua TP PKK, Mani’ul Fitnah Afrilindra, dan nara sumber dari Natura Herba. Setelah sesi sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan praktek pembuatan rimpang kering dari bumbu dapur, yaitu Jahe, Kunyit, Lengkuas dan Kencur, disampaikan oleh Nara sumber. Pelatihan ini diawali dengan demo dan penjelasan mengenai teknik preparasi bahan kering dimulai dari pemilihan bahan rimpang yang sesuai, pencucian bahan, pengirisan, pengeringan dengan teknik kering-angin, hingga pengeringan dengan menggunakan oven. Setelah demo preparasi bahan kering, pelatihan dilanjutkan dengan pembuatan empat resep yang telah disediakan, yaitu resep wedang rempah, teh Telang Lemon Madu, teh Telaga Manis (telang, kapulaga, kayu manis) dan juga teh Bugar (campuran berbagai rempah). Dalam kegiatan ini, Ibu- Ibu PKK berperan aktif dan antusias mengikuti proses pembuatan minuman-minuman herbal tersebut.

Pada awal dan juga akhir kegiatan, dilaksanakan pretest dan posttest untuk menguji pemahaman masyarakat, khususnya ibu-ibu anggota PKK, mengenai pelatihan yang telah dilakukan pada siang hari tersebut. Dari hasil pretest dan posttest tersebut, didapatkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman masyarakat sebesar 80.71% mengenai teknik preparasi bahan kering dan resep-resep yang telah dijelaskan dalam pelatihan. Acara ini kemudian ditutup dengan sesi dokumentasi untuk mengakhiri kegiatan

 

Pewarta : GitoSuhar