Info Umum

Orangtua di Kelurahan Tlogowaru Mulai Ikuti Sekolah Parenting, Cegah Stunting

Orangtua di KelurahanTlogowaru mulai mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), Rabu (15/11/2023). SOTH ini bertujuan untuk mencegah stunting pada anak melalui edukasi pada orang tua. Bertempat di Balai RW 02 Jalan Monumen Polri Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Kegiatan dimulai dengan paparan tentang pengertian Sekolah Orang Tua Hebat oleh kader PKK, Dewi Ana Maria Fitaluka.

“SOTH ini sama seperti sekolah, ada kurikulumnya dan silabusnya juga. Bahkan, juga ada pre test dan post testnya, sehingga kita tahu outputnya seperti apa. Jadi, ada ukurannya dan takarannya, sehingga kita bisa tahu juga apakah ada perubahan sebelum dan sesudah ikut SOTH itu. Jadi, tidak hanya sekadar kita kumpulkan lalu selesai,” ujarnya.

Semua peserta itu merupakan orang tua dari anak-anak yang memiliki anak balita. Para peserta diprioritaskan para orang tua yang memiliki balita pra stunting karena mereka butuh perhatian lebih supaya anaknya tidak menjadi stunting

Kemudian Ketua TP PKK Kelurahan Tlogowaru, Mani’ul Fitnah Afrilindra dalam kesempatan itu membuka kegiatan dengan memberi sambutan tentang stunting

“Stunting itu sebenarnya bukan hanya masalah gizi saja, tapi juga pola asuh yang sangat besar pengaruhnya. Makanya, dalam SOTH ini kita prioritaskan dulu orang tua yang memiliki balita pra stunting, tapi sebenarnya ke depan semua orang tua bisa ikut terlibat dalam SOTH ini,” kata beliau.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

Dalam SOTH itu, para orang tua ini diminta untuk berkomitmen mengikuti 13 pertemuan yang akan digelar. Sebanyak 13 pertemuan yang biasanya digelar setiap hari Jumat itu akan dipandu oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB) Kota Malang.

“Jadi, dari sisi psikologisnya dapat dan kesehatannya juga dapat serta pola asuhnya. Kita sudah bikin silabusnya dan itu yang diajarkan di semua kelurahan di Kota Surabaya, jadi semua kelurahan sama ilmunya itu yang didapatkan,” kata Eva, Pemateri dari Dinas P3A-P2KB Kota Malang.

 Selain untuk menurunkan angka stunting, SOTH juga diperuntukkan untuk memberi edukasi pendidikan parenting kepada orang tua. Sehingga, diharapkan orang tua akan lebih bijak dalam mendidik anak. 

Ia juga memastikan bahwa dampak dari SOTH ini sangat luar biasa, baik kepada si ibu yang mengikuti sekolah maupun kepada anak dan suaminya. Bahkan, ia juga menceritakan ada salah seorang ibu peserta SOTH di Balai RW 02 Kelurahan Tlogowaru yang curhat kalau dulunya sering marah-marah ketika mendidik anak-anaknya.

“Setelah mengikuti SOTH ini, diharapkan ada suatu perubahan yang terjadi dalam keluarganya menjadi lebih baik lagi,” pungkas dia.                                                    Salah satu peserta SOTH di di BKB Harapan Bunda Kelurahan Tlogowaru, Indah mengatakan, semoga kegiatan ini banyak manfaat untuknya yang memiliki anak balita.
“Alhamdulillah banyak manfaat. Kalau anak tidak mendengarkan saya berbicara, saya memberikan hukuman fisik, entah mencubit atau memukul. Setelah mengetahui SOTH, saya mengerti metode atau cara berkomunikasi yang baik untuk anak,” katanya. Materi tentang masa kehamilan hingga melahirkan membuatnya mengerti kebutuhan gizi bagi anak sejak dalam kandungan. Demikian pula dengan cara menjaga kesehatan, menyusui, dan mendidik anak sesuai usianya, dapat lebih dipahami dan diterapkan.

Pewarta : GitoSuhar