Info Umum

KEGIATAN MUSYAWARAH MASYARAKAT KELURAHAN TLOGOWARU

TlogowaruNews – Musyawarah Masyarakat Kelurahan adalah pertemuan warga yang di wakili seluruh Ketua Rukun Warga ( RW ) beserta tokoh masyarakatnya dan para Kader Posyandu untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri. Sebelumnya Survey Mawas Diri (SMD) dilaksanakan oleh 26 Kader Kesehatan Kelurahan

Kamis, 16 November 2023  Pukul 09 WIB , Tim dari Puskesmas Arjowinangun kembali mengadakan Musyawarah Masyarakat Kelurahan yang merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Pendopo kelurahan Tlogowaru guna mengevaluasi penerapan kesehatan yang ada di masyarakat Kelurahan  setempat. Penyelanggaraan Musyawarah Masyarakat Kelurahan yang bisa di singkat MMK pada tahun 2023 ini sedikit berbeda dengan MMK pada tahun 2022. Tahun ini peserta MMK hanya dihadiri oleh beberapa perwakilan Kader Posyandu Kelurahan Tlogowaru dan para Ketua Rukun Warga

MMK Tahun 2023 Kelurahan Tlogowaru di pimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Arjowinangun dr. Farida Angrijani Nuna dan Dinda sebagai Ketua Tim Promosi Pukesmas Arjowinangun.

Kegiatan diawali paparan tentang kesehatan oleh Dinda, beliau menekankan untuk selalu meningkatkan dan mengarahkan peran serta masyarakat untuk memberikan solusi pemecahan masalah bidang kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Arjowinangun

Sementara itu, Kepala Pukesmas Arjowinangun, dr. Farida menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang ditemukan saat pelaksanaan SMD yang telah dilaksanakan sebelumnya khususnya masalah kesehatan di lingkungan masyarakat.

“Tujuan dari MMK adalah agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di wilayahnya, agar masyarakat sepakat untuk bersama-sama menanggulangi masalah kesehatan di wilayahnya dan menyusun rencana kerja untuk penanggulangan yang disepakati bersama,” tutur bu Farida

“Permasalahan yang sifatnya urgent insya Allah nantinya akan disampaikan saat pelaksanaan kegiatan Lintas Sektor di Kecamatan dan dibahas bersama,” ujarnya.

Selanjutnya materi MMK yang merupakan hasil evaluasi dari SMD dibacakan oleh perwakilan Kader Posyandu Kelurahan Tlogowaru, Ibu Shofiah. Ada beberapa pokok permasalahan yang dibahas dalam MMK kali ini dan sedikit berbeda dengan MMK tahun lalu. Beberapa permasalahan hasil SMD tersebut adalah :

  1. Jaminan Kesehatan
  2. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
  3. Pengetahuan tentang Keluarga Berencana (KB)
  4. Implementasi Gizi
  5. Kesehatan lingkungan
  6. Keadaan jamban masyarakat
  7. Imunisasi
  8. Promosi kesehatan (pemberantasan nyamuk, konsumsi buah dan sayur, merokok didalam rumah)
  9. Kesehatan Gigi
  10. Pengetahuan tentang Covid-19
  11. Penyakit tidak menular (PTM), serta
  12. Kesehatan lansia

Keseluruhan permasalahan yang ada diatas dibahas satu per satu dan kemudian diadakan diskusi dengan kader posyandu dan Perangkat Kelurahan ( RW ). Setelah diadakan diskusi dengan semua peserta MMK didapati 3 Prioritas Permasalahan yang harus segera ditangani. Ketiga Prioritas Permaslahan tersebut adalah :

  1. Jaminan kesehatan
  2. Pengetahuan tentang KB, dan
  3. Pemberantasan sarang nyamuk

 

Selanjutnya Puskesmas Arjowinangun akan membahas ketiga Prioritas Permasalahan tersebut secara intern dan akan mengusahakan agar ketiga permaslahan tersebut masuk kedalam skala prioritas kerja Puskesmas Arjowinangun tahun 2024 mendatang. 

Acara dihadiri oleh :

  1. Ketua TP PKK Kelurahan Tlogowaru.
  2. kader PKK Kelurahan
  3. Perwakilan Kader Posyandu
  4. Ketua RW se-Kelurahan Tlogowaru
  5. Babinsa dan Bhabinkamtibmas
  6. Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tlogowaru

Pewarta : GitoSuhar