Info Umum

BAPENDA SAMBANG KELURAHAN. Cara Cerdas Mendekatkan Wajib Pajak di Kelurahan Tlogowaru

Tlogowaru GassPoll – Seperti diketahui bahwa Bapenda Sambang Kelurahan untuk minggu terakhir Oktober hingga akhir bulan tuntas di Tahun 2022 ini kembali digelar. Dengan layanan ini warga Kota Malang dapat menikmati berbagai layanan pembayaran pajak daerah seperti Pembayaran PBB, Pajak Hotel/Kos, Pajak Resto, Pajak Parkir, Pajak Hiburan hingga Pajak Air Tanah,” ungkap salah satu Kabid Pajak Bapenda .

Aksi jemput bola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang melakukan layanan jemput bola ke masyarakat dengan program “Sambang Kelurahan”.

Kegiatan ini untuk memberikan pelayanan pajak di kelurahan-kelurahan untuk mempermudah masyarakat membayar pajak

“Memang saat ini kami berada di Kelurahan Tlogowaru namun bukan berarti hanya warga Tlogowaru saja yang kami layani. Ini hanya sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk membayar pajak,

“Terbukti, lanjutnya bahwa hari ini sejak loket dibuka hingga jam 09 00 warga Tlogowaru dan sekitarnya berhasil dulang Pendapatan Asli Daerah ” tegas Suko kabid pajak Bapenda pria ramah di ujung tombak di Bapenda saat ditemui. Rabu 26/10.

Dalam kegiatan roadshow Bapenda Sambang Kelurahan dengan menggunakan Mobil Pajak Keliling, petugas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang kali ini mengunjungi kelurahan Tlogowaru kota Malang pagi tadi, Rabu (28/10/2022).

“Memberikan pelayanan pajak di kelurahan-kelurahan merupakan salahsatu inovasi Bapenda kota Malang untuk mempermudah masyarakat membayar pajak. Cukup di kelurahan saja sudah dapat membayar pajak,” ungkap Kepala Bidang Pajak Daerah Bapenda Kota Malang, Suko Kurnianto, SE.M.AP..

Pria yang menjadi kordinator Tlogowaru untuk kegiatan Bapenda Sambang Kelurahan tersebut menjelaskan meskipun petugas Bapenda Kota Malang kali ini mendatangi kelurahan Tlogowaru kecamatan Kedungkandang, namun tidak berarti petugas Bapenda hanya melayani warga masyarakat kelurahan Tlogowaru saja.

Mobil Pajak Keliling yang dipergunakan petugas Bapenda Kota Malang untuk mendekatkan diri ke masyarakat di kelurahan Tlogowaru ini nampak banyak didatangi masyarakat yang ingin membayar kewajiban pajak mereka.

Sementara itu, Kabid Pajak Daerah untuk kegiatan Bapenda Sambang Kelurahan Tlogowaru, Suko Kurnianto SE M.AP menyampaikan dengan Bapenda Sambang Kelurahan ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran pajaknya.

“Selain kemudahan dalam hal pembayaran di lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal para wajib pajak, masyarakat yang memiliki tunggakan pajak juga mendapatkan kemudahan dengan pembebasan sanksi atau denda administratif. Selain penghapusan sanksi denda, juga ada penundaan batas akhir jatuh tempo pembayaran. ,” jelas Suko Kurnianto mantan Kasubbid Keuangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang

Di lokasi yang sama, Lurah Tlogowaru yakni Agoes Tri Hartadi menyambut baik inovasi dari Bapenda Kota Malang untuk mendekatkan diri ke masyarakat sehingga warga nampak antusias melakukan pembayaran pajak.

“Memang bagus Inovasi Bapenda ini. Warga masyarakat Tlogowaru jadi merasa terbantu dalam proses pembayaran pajak,” ungkap Lurah Tlogowaru.

Usai melakukan pembayaran, Bunayah salah satu warga Tlogowaru mengaku senang dengan adanya kegiatan Bapenda Sambang Kelurahan.

“Aku mbayar pajek omah seng telat telung taun, njeketek mek mbayar mbok e thok ganok dendo. Wenak ora katek adoh nang terpada gawe mbayar pajek, seneng aku yo oleh jajan sak kotak ambek mug, kenek gawe wedang kopi bapak e, iso ae pak Lurah lek nggawe acara,” ujar Bunayah warga RW. 07 Baran Tlogowaru

Pewarta : Gitosuhar