Berita

PEMBINAAN PERLIDUNGAN MASYARAKAT ( LINMAS ) KELURAHAN TLOGOWARU

Nawak Ngalam Tlogowaru GassPoll– Kelurahan Tlogowaru guna menjadikan wilayah yang aman, nyaman dan tentram Lurah Tlogowaru bererta Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum mengadakan Pembinaan Perlindungan Masyarakat ( Linmas ). Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.

Agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah Kelurahan Tlogowaru mengadakan sebuah  Pembinaan Linmas  tanggal 18 November 2022 yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan guna menghadapi Pemilihan Walikota maupun Pemilihan calon legislatif kedepannya. Pelatihan dan pembinaan tersebut dilakukan di Pendopo kantor kelurahan Tlogowaru

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan Pelatiahan tersebut dihadiri oleh Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan yaitu bapak Rianto dan Bapak Meselan S.H, M.AP yang mewakili Lurah Tlogowaru yang berhalangan hadir, Sebagai Narasumber menghadirkan  Bhabinkamtibmas, AIPTU Bambang Budi S, Babinsa Sertu Fauzan Ali Linmas Kelurahan Tlogowaru Kota Malang dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang..

Dalam sambutan nya Sekretaris kelurahan Tlogowaru menekankan adanya wilayah yang kondusif dan nyaman dalam segala situasi dan kondusi di wilayah masing-masing di kelurahan Tlogowaru.

“Tujuan dari diadakan Pembinaan Linmas ini adalah untuk memberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di wilayah. Misalnya dalam proses pemilu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, meskipun diwilayah kelurahan logowaru merupakan wilayah yang yang aman, nyaman dan kondusif setiap ada pesta demokrasi pemilu. Tetapi guna untuk mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan Linmas agar sigap dalam masalah lainnya misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal dan dapat tertangani secepatnya” tutur Pak Meselan S.H. M.AP pada sambutan pembinaan Linmas

Pada pembinaan linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing. Materi sosialisasi undang-undang dan tugas atau peranan Linmas oleh bapak Babinsa Sertu Fauzan Ali  selaku narasumber.

Bhbinkamtibmas, AIPTU Bambang Budi S,  mengatakan “Sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu bhabinkhamtibmas dan babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayah, saling bersinergi antara masyrakat sipil dengan POLRI dan TNI. Karena kenyamanan dan ketertiban merupakan kunci utama dalam bermasyarakat agar tidak menimpulkan perselisihan dan konflik satu sama yang lainnya”

Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban, peserta juga mendapakatkan ilmu pelatihan dasar PBB oleh bapak Babinsa.

“Gerakan PBB merupakan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab. Selain itu Gerakan PBB menumbuhkan rasa disiplin itu mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi dan rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan. Maka sikap tersebut di perlukan oleh seorang Linmas” tutur Sertu Fauzan Ali  selaku babinsa kelurahan Tlogowaru