Berita

Program BSPS, Wujud Nyata Kehadiran Pemerintah bagi Masyarakat

#nawakngalam

#pemkotmalang

#pemerintahkotamalang

#keltlogowaru

#tlogowarusaesaestu

#staysafe

#stayalert

Lurah Tlogowaru Agoes Tri Hartadi. S.Sos. MSi Memberi Sambutan

#nawakngalam Selasa, 03 Agustus 2021 pukul 09.00 WIB bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Tlogowaru berlangsung acara program BSPS.  Bantuan bedah rumah berupa stimulan dana Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan wujud nyata kehadiran Pemerintah bagi  masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perumahan MBR, agar layak huni.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk melaksanakan serah terima buku tabungan kepada 15 warga yang menerima bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun Anggaran 2021 di Kelurahan Tlogowaru. Total anggaran yang disalurkan untuk pelaksanaan program yang dikenal dengan istilah bedah rumah di Kelurahan Tlogowaru senilai Rp 300 juta.

“Program BSPS merupakan salah satu program perumahan pemerintah yang langsung bersentuhan dan sangat membantu masyarakat yang saat ini tinggal di rumah tidak layak huni. Melalui penyaluran bantuan Program BSPS ini kami ingin meningkatkan kualitas RTLH agar lebih layak huni, sehat dan nyaman bagi masyarakat,” ujar lurah Tlogowaru Agoes Tri Hartadi.,S.Sos. MSi

Agoes Tri Hartadi.,S.Sos. MSi menerangkan, Program BSPS pada dasarnya merupakan bantuan stimulant dari pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat agar mereka bisa berswadaya dalam membangun rumahnya. Proses pembangunannya dilaksanakan secara berkelompok dan merata di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Melalui Program BSPS ini kita juga ingin Kembali mendorong semangat gotong royong antar masyarakat. Jadi nantinya warga penerima bantuan Program BSPS dibentuk kelompok-kelompok dengan pendampingan dari Tenaga Ahli Program BSPS sehingga mereka saling bantu membantu dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan,” terangnya.

Proses Validasi Data

Tim Bedah Rumah mengatakan, penyerahan buku tabungan merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Program BSPS yang dilakukan untuk mempermudah penyaluran dana ke para penerima bantuan. Dalam Program BSPS ini masyarakat dituntut untuk berperan aktif dalam pelaksanaan perbaikan rumahnya.

Tampak dalam acara ini adalah Para Tenaga Fasilitator Lapangan yang turut terlibat dalam kegiatan Program BSPS.

“Tahun ini Kelurahan Tlogowaru mendapatkan alokasi Program BSPS untuk  15 warga yang tinggal di RTLH.

Lebih lanjut, Lurah Tlogowaru menambahkan, masing-masing penerima bantuan akan mendapatkan dana sebesar Rp 20 juta dengan rincian Rp 17,5 juta untuk pembelian material bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang melalui dua tahapan. Adapun beberapa poin penting juga disampaikan bahwa dalam pelaksanaan di lapangan adalah masyarakat penerima bantuan tidak dipungut biaya apapun dan berhak menerima material bangunan dengan kualitas yang baik sesuai yang telah disepakati oleh toko material bangunan yang mereka tunjuk berdasarkan kesepakatan kelompok.

Serah Terima Buku Tabungan Bank Mandiri

“Kami selaku pemerintah daerah juga akan ikut mengawasi kegiatan ini. Kami juga berharap dana bantuan yang diterima dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk mengurangi jumlah RTLH di kelurahan Tlogowaru,” ujarnya.

#gitosuhartlogowarusaesaestu