Info Umum

Kegiatan Pra Musrenbangkel kelurahan Tlogowaru

 

 

TlogowaruNews.Untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah pada RKPD Kelurahan Tlogowaru Tahun 2025, Kelurahan Tlogowaru akan menyelenggarakan Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kelurahan Tlogowaru Tahun 2025..

Sebagai persiapan pelaksanaan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Kelurahan, maka pada Tanggal 10 Januari 2024 di Pendopo Kelurahan Tlogowaru Pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB dilaksanakan kegiatan pra Musrenbang Kelurahan. Sebagai bahan masukan pelaksanaan Musrenbang Kelurahan maupun sebagai bahan masukan penyusunan RKM Sebelumnya dilaksanakan rembug warga/ forum musyawarah warga di tingkat RW untuk membahas dan merumuskan usulan prioritas kegiatan di tingkat RT/RW.  Tujuan penyelenggaraan Rembug Warga adalah untuk mendorong peran serta masyarakat di tingkat RW dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Juknis Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Kelurahan dan Kecamatan Tahun 2025. Rembug warga dilaksanakan untuk mengidentifikasi dan merumuskan potensi dan permasalahan serta usulan prioritas kegiatan di tingkat RW, untuk peningkatan kualitas lingkungan permukiman maupun kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan di buka oleh Camat Kedungkandang Drs. Fahmi Fauzan AZ, M.Si, beliau berpesan  kepada seluruh Ketua RW agar tidak bosan dalam melakukan kegiatan Musrenbang yang merupakan kegiatan rutinitas pemerintah dalam melakukan pembangunan.

“Sama-sama kita saksikan bahwa harapan di Musrenbang itu harus kita laksanakan setiap tahun dan bapak ibu jangan pernah bosan dan jangan pernah mengeluh karena jika tidak ada pelaksanaan Musrenbang ini maka tidak ada dasar bagi Pemerintah untuk melaksanakan pembangunan di kelurahan ini,” ucapnya.

Lanjut Camat menyampaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kelurahan merupakan forum musyawarah tahunan di tingkat Kelurahan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di Kelurahan Tlogowaru.

“Untuk itu jangan pernah bosan bosan menyampaikan aspirasi, dalam usulan progam prioritas 2025. Inilah bapak ibu supaya selalu rajin bersama-sama dan gigih untuk ikut mengawal dan mengikuti selalu apa yang telah diusulkan dalam Musrenbang ini,” imbuhnya.

Dengan di Pandu Oleh Sekretaris Kelurahan Tlogowaru, Taufiq Hendro Jatmika, SH dan Laskar Perencana, Nurul Laili memaparkan usulan-usulan dari para Ketua RW dari hasil rembuk RW

Penetapan usulan prioritas hasil rembug warga yang akan dibahas pada Pra Musrenbang Kelurahan didasarkan pada pertimbangan :

  1. Tingkat urgensi, semakin mendesak kegiatan yang diusulkan maka semakin tinggi prioritasnya
  2. Tingkat kemanfaatan, semakin banyak kelompok masyarakat yang mendapatkan manfaat dari kegiatan yang diusulkan maka semakin tinggi prioritasnya
  3. Ketersediaan/ dukungan sumber daya

PESERTA KEGIATAN
1. Camat Kedungkandang
2. Lurah, Seklur dan Kasi PM,
3. Laskar Perencana Kec. Kedungkandang
4. Laskar Perencana Kelurahan Tlogoawru
5. Perwakilan tokoh masyarakat, PKK, Karang Werda, Karang Taruna dan Forum Anak
6. Seluruh Rukun Warga ( RW )  di Kelurahan Tlogowaru

 

Hasil Kegiatan :

Menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa/kelurahan dan menyepakati
pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kelurahanTlogowaru berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Pewarta : @gitoSuhar