Info Umum

MONETORING DAN EVALUASI SARANA DAN PRASARANA KELURAHAN TLOGOWARU 2023

#TlogowaruNews#Tlogowaru Membangun #Nawak Ngalam. Penataan ruang dalam suatu kelurahan bertujuan untuk mencapai kondisi aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan dalam Kelurahan  tersebut. Kemudian perlunya pemantauan terhadap pemanfaatan ruang yang berjalan serta mengevaluasi kesesuaian dari pemanfaatan ruang terhadap rencana tata ruang wilayah yang dilakukanoleh setiap pemerintah Kecamatan, sehingga konsistensi dari pemanfaatan ruangterhadap rencana tata ruang wilayah tetap terjaga. Pemantauan atau yang disebut juga monitoring, dan evaluasi oleh Kecamatan Kedungkandang pada kelurahan Tlogowaru dilaksanakan pada Selasa, 12 September 2023 (12-09-2023) pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB

Pada pelaksanaan Monev kali ini, Kecamatan Kedungkandang  mendelegasikan  Supriyanto (LPMK Kec. Kedungkandang) dibantu Tim Monev Kecamatan Kedungkandang di dampingi        Lurah Tlogowaru, Sekretaris Lurah, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tlogowaru dan Staff Kelurahan Tlogowaru Serta Tim LPMK Kelurahan Tlogowaru di sertai Banbinsa Kelurahan Tlogowaru guna melakukan pengecekan administrasi maupun wujud fisik program dalam pembagunan jalan paving dan Plengsengan.

Sasaran Monetoring dan Evaluasi Plengsengan berada di dua wilayah, yaitu di wilayah RT. 05 RW 04 dan di wilayah RT 05 RW 05, kemudian untuk Pavingisasi hanya ada satu yaitu di wilayah RT. 03 RW. 01

Menurut Suwandi salah satu Tim Monev Kecamatan Kedungkandang,  monitoring dan evaluasi merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan Kelurahan, pelaksanaan pembangunan di Kelurahan, agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan upaya agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.

Setelah pembinaan di Lobi Pendopo Kelurahan Tlogowaru, Tim Monev Kecamatan Kedungkandang bersama rombongan dimulai dengan pembagian tugas untuk Sekretaris , Kepala Seksi Prasarana Dan Sarana Umum Kecamatan , Lurah Tlogowaru didampingi Pokmas melakukan pemeriksaan berkas administrasi yang terdiri berkas pengadaan barang dan jasa serta bukti pembayaran ke pihak ketiga dilanjutkan untuk  melakukan pengecekan lapangan.

Proses pengecekan administrasi berlangsung cukup singkat. Dari hasilnya diketahui bila dokumen pengadaan barang dan jasa maupun administrasi lainnya sudah memenuhi syarat. “Secara umum, administrasi sudah memenuhi persyaratan.” Lanjut Suwandi.

Sementara dalam pengecekannya di lapangan, petugas mengukur volume pekerjaan, kwalitas bahan untuk dicocokkan dengan data perencanaan. Itu dimaksudkan untuk mengetahui besaran nilai yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik dan acuan untuk memastikan terpenuhi atau tidaknya volume pekerjaan sesuai perencanaan.

“Secara umum pelaksanaan pembangunan bagus dan volume terpenuhi. Maka kita harapkan untuk segera melakukan pelaporan administrasi kepada Walikota melalui Camat.” Pungkas Suwandi

Pewarta dan Editor : gitosuhar