Info Umum

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Edukasi Gizi  pada Forum Anak Kelurahan Tlogowaru

TlogowaruNews. NawakNgalam (10/09/2023) – Bertempat di Pendopo Kelurahan Tlogowaru, Minggu, 10 September 2023 Pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB telah dilaksanakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Edukasi Gizi  pada Forum Anak Kelurahan Tlogowaru.

Tim Duta GENREdari Dinsos P3AP2KB yang terdiri dari Badar Satria Nusantara, Frilia Safitri Hardi dan Cholifatul Auliya menyampaikan materi mengenai kesehatan reproduksi sebagai persiapan Keluarga Membangun Berkualitas. Beberapa materi yang disampaikan adalah tentang macam-macam kasus yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi baik pada remaja maupun dewasa.

Kegiatan yang di pendu oleh Herlinda. SE, kasi Pemberdayaan Masyarakat di awali menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya di buka oleh Lurah Tlogowaru, Agoes Tri Hartadi S.Sos, M.Si , dalam sambutannya menekankan akan pentingnya kegiatan ini dalam menambah ilmu pengetahuan, menyampaikan mengenai menu gizi seimbang untuk mencegah stunting. Stunting diartikan sebagai kegagalan tumbuh kembang dari seorang anak. Proses ini sudah dimulai sejak janin berada didalam kandungan. Menu makanan yang bergizi seimbang diperlukan untuk menghindari kasus-kasus stunting yang tinggi.

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan pada remaja mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi yang dimana kesehatan reproduksi merupakan keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Kader-kader posyandu remaja perlu mempunyai bekal pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. 

Pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi merupakan hal penting untuk mereka yang baru menginjak fase remaja di dalam hidup agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari atau terhadap masa depan remaja tersebut. Tidak hanya menjelaskan mengenai kesehatan reproduksi, Frilia selaku pemateri dalam hal ini menjelaskan juga mengenai berbagai macam masalah pada remaja yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi pada remaja. Masalah tersebut seperti HIV-AIDS dan penularannya serta berbagai macam infeksi menular seksual lainya yang nantinya dapat berakibat buruk terhadap masa depan remaja.

Para remaja di Kelurahan Tlogowaru sangat antusias dengan materi yang diberikan. Materi mengenai kesehatan reproduksi sendiri sangat jarang mereka dapatkan dikarenakan materi tersebut masih sering dianggap tabu untuk dibahas diluar sekolah. Selain menjelaskan betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi kepada remaja yang ada di sekitar Kelurahan Tlogowaru,

Editor dan Pewarta : Gitosuhar