Info Umum

SOSIALISASI PERIJINAN BERUSAHA BAGI PELAKU UMKM DI KELURAHAN TLOGOWARU

Pelaku  UMKM Kelurahan  Tlogowaru,  Kota Malang  mengalami  perkembangan  setiap tahunnya.  Dalam perkembangannya  tersebut,  UMKM  memerlukan  izin  usaha  untuk  mendapatkan  legalitas  dan

perlindungan  hukum  dari  pemerintah.  Namun,  para  pelaku  UMKM  di  Kelurahan  Tlogowaru  masih minim dalam pengetahuan  dan mekanisme pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Online Single  Submission  (OSS).  Kegiatan Sosialisasi Perijinan Berusaha bagi pelaku UMKM dalam Rangka Kegiatan Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Tlogowaru  ini  bertujuan  untuk menyelesaikan permasalahan  tersebut, yang  bertujuan  untuk memperkenalkan,  meningkatkan pengetahuan  dan mendampingi para pelaku UMKM dalam pembuatan NIB melalui web OSS. Metode pelaksanaan yangdigunakan  ada  3  tahapan,  yaitu  sosialisasi,  pelatihan  dan  pendampingan.  Pelaksanaan  kegiatan meliputi penyampaian teori, pembuatan perizinan usaha dan penyerahan surat legalitas usaha. Hasil dari kegiatan ini yaitu para pelaku UMKM Kelurahan Tlogowaru, Kota Malang menunjukkan peningkatan pengetahuan  mengenai legalitas  usaha  dan terdaftarnya  usaha  ke dalam  lembaga  OSS. Demikian pelaku UMKM mendapatkan perlindungan berusaha, kemudahan akses permodalan, pemberdayaan dari pemerintah, dan pendampingan untuk pengembangan usahanya.

TlogowaruNews#Tlogowaru Membangun@Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan mengadakan Sosialisasi dan Pelayanan Perizinan Berusaha untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pendopo Kelurahan Tlogowaru.

Diana (23) salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut mengaku baru pertama kali mengikuti sosialisasi masalah perizinan.

Sosialisasi membuatnya menambah wawasan baru mengenai perizinan mendirikan usaha.

“Saya senang sekali bisa mengikuti acara seperti ini karena mendapatkan wawasan baru mengenai perizinan usaha,” ungkapnya, Rabu (09/08/2023).

Sebagai pelaku UMKM yang baru berdiri, Diana  berharap acara seperti ini agar sering diadakan.

Kegiatan sosialisasi sangat penting bagi dirinya dan pelaku UMKM lainnya.

“Acara ini sangat bagus sekali dan bermanfaat. Semoga Kelurahan Tlogowaru sering mengadakan agar pelaku UMKM mendapatkan banyak wawasan mengenai UMKM yang bisa berkembang lebih baik,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan  Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tlogowaru  di Pendopo Kelurahan Tlogowaru ini dihadiri sekitar 25 pelaku UMKM yang didominasi Ibu-ibu dan remaja putri.
Lurah Kelurahan Tlogowaru Agoes Tri Hartadi.,S.Sos.,M.Si mengatakan, acara sosialisasi untuk meningkatkan potensi dan memberikan wawasan mengenai perizinan mendirikan usaha.

“Ada diskusi dan belajar bagaimana UMKM di Kelurahan Tlgowaru bisa meningkat. UMKM bisa memanfaatkan waktu untuk menambah ilmu,” ujarnya.

Selain sosialisasi mengenai perizinan pembuatan usaha, juga memberikan pelayanan pembuatan perizinan usaha secara langsung yang dilakukan oleh narasumber

Upaya ini dilakukan agar mempermudah pelaku UMKM memiliki izin usaha.

“Kita mudahkan peserta untuk mengurus perizinan usahanya hanya dengan syarat kartu Identitas beserta e-mail peserta. Agar roda perekonomian di Kelurahan Tlogowaru bisa segera bangkit lagi,” ungkapnya.

Karena dengan memiliki izin usaha, pelaku UMKM tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman yang kerap menimpa usaha yang tidak memiliki perizinan.

Selain itu, dengan memiliki izin usaha akan memudahkan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui program dari Pemerintah Kota Malang.

Pewarta dan Editor : GitoSuhar