PUASA

Bukan Sekedar Tidak Makan dan Minum

Puasa adalah tidak makan dan minum sampai tiba waktunya berbuka. Artinya selama sehari penuh tubuh tidak diisi oleh makanan dan minuman. Menahan haus dan lapar serta menjaga diri dari hal – hal yang dapat mengurangi pahala.

Ada banyak hal yang perlu dijaga selain makan dan minum, yaitu:

  1. Menjaga Mata, Menjaga penglihatan dengan hal – hal baik perlu dilakukan. Menjaga pandangan sama saja menjaga hawa nafsu, Baiknya menundukkan pandangan apabila melihat lawan jenis. Pergunakan mata dengan sebaik mungkin, misalnya dengan melihat ayat – ayat suci Al-Qur’an tidakย  melihat hal – hal yang buruk dan masih banyak lagi.
  2. Menjaga Hidung, Menjaga hidung agar tidak mencium bau yang dapat mengurangi ibadah selama puasa. Misalnya mencium bau masakan yang dapat menggoda iman kala berpuasa. Tapi sebenarnya puasa itu adalah sebagai tolak ukur keimanan kita.
  3. Menjaga Mulut, Mulut merupakan perkara paling penting yang harus dijaga. Hal ini dikarenakan mulut adalah harimau paling ganas yang dapat menerkam siapapun. Seperti pisau yang dapat melukai perasaan apabila tidak dijaga dengan baik. Tak hanya itu, mulut juga tempat makanan dan minuman masuk yang dapat membatalkan puasa. Melatih diri sendiri agar tidak berdusta dan senantiasa berkata jujur merupakan tahap menanamkan mental positif dalam diri.
  4. Menjaga Telinga, memelihara pendengaran kita untuk mendengarkan yang baik – baik saja. Jangan mendengarkan sesuatu yang buruk, terlebih ketika kita berpuasa. Mendengarkan lantukan ayat suci Al – Qur’an adalah yang bisa dilakukan.

Share

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *